Mudik Gratis Kapal Laut Petugas memasukkan sepeda motor milik peserta mudik gratis ke dalam kapal KM Dobonsolo tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (17/6/2017). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta – Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok I Nyoman Gede Saputra memperkirakan puncak arus mudik akan berlangsung pada H-3 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

“Sampai saat ini, belum ada lonjakan yang berarti. Diperkirakan puncak arus mudik akan berlangsung H-3,” ujar Nyoman di Jakarta, Selasa.

Puncak arus mudik, lanjut dia, akan berlangsung seiring dengan banyaknya acara mudik gratis dengan kapal laut. Nyoman mengatakan pada H-4, juga diselenggarakan acara mudik gratis dengan kapal laut, namun karena masih belum libur maka diperkirakan puncaknya baru akan terjadi pada H-3.

Tujuan penumpang, lanjut dia, dari Pelabuhan Tanjung Priok beragam mulai dari ke Semarang, Surabaya hingga Lampung. Nyoman mengatakan tahun ini tren penumpang kecenderungannya turun, namun secara nasional naik tiga persen.

Baca Juga  Komisi Fatwa MUI: Takbiran Idul Fitri Tidak Boleh Dihalangi  

Untuk kenyamanan penumpang, pihaknya sudah menyiagakan sebanyak 100 petugasi area Pelabuhan Tanjung Priok, untuk menjaga kenyamanan para pemudik.

Untuk mengatasi lonjakan penumpang, pihaknya juga mendapat bantuan armada kapal dari perusahaan swasta.

| ANTARA