BATAS.ID~Solo- Apakah Anda mempunyai kebiasaan yang perlu dilakukan sebelum tidur? Jika punya, apakah kebiasaan itu membaca? Apabila Anda mempunyai kebiasaan membaca sebelum tidur, maka Anda memiliki kebiasaan yang sangat baik.

Membaca sebelum tidur ternyata memiliki banyak sekali manfaat dari segi kesehatan, di mana hal ini tidak begitu disadari oleh banyak orang. Beberapa manfaat dari membaca sebelum tidur ini, dapat membantu Anda untuk menjalani hari dengan lebih semangat dan juga lebih sehat.

4 Manfaat Membaca Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

Setelah menjalani aktivitas yang pada setiap harinya, melakukan sebuah kegiatan yang dapat membuat tubuh tenang tentu saja sangat dbutuhkan. Di mana ternyata membaca menjadi salah satu kegiatan yang sangat baik untuk dilakukan sebelum tidur. Nah, berikut ini adalah manfaat dari membaca sebelum Anda terlelap di malam hari :

1. Melawan Insomnia

Membaca adalah salah satu kegiatan yang sulit untuk dilakukan setiap hari karena melelahkan. Pada kenyataanya memanglah seperti itu, karena pada saat itu dibutuhkan konsentrasi dan juga fokus yang tinggi untuk dapat memahami sebuah bacaan. Maka dari pada itu, dengan membaca sebelum tidur dapat membantu Anda untuk cepat lelah dan juga menimbulkan rasa kantuk dengan perlahan, sehingga orang yang terkena insomnia secara perlahan dapat memperbaiki kualitas tidur mereka.

2. Mengurangi Kecemasan

Kecemasan adalah salah satu emosi alami yang sering kali dirasakan seorang manusia. Namun, perasaan ini sendiri merupakan emosi negative yang dapat mempengaruhi kehidupan jika tidak ditangani dengan cepat. Kegiatan membaca sebelum tidur ternyata memiliki kemampuan ampuh untuk mengusir rasa cemas ini. Hal ini sendiri dikarenakan pada saat membaca, Anda akan berkonsentrasi dan fokus sehingga rasa cemas yang dirasakan dapat dialihkan.

3. Mempertajam Kinerja Otak

Membaca merupakan salah satu sumber untuk mendapatkan informasi dan belajar, yang berarti juga secara otomatis dapat mempertajam kinerja otak. Membaca adalah kegiatan yang mengharuskan Anda untuk menganalisa, berpikir dan juga fokus terhadap hal yang ada dalam bacaan. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan pikiran yang jernih dan juga cerdas, sehingga tidak dapat dipungkiri jika membaca dapat membantu kerja otak dan membuat Anda siap menghadapi aktivitas pada pagi hari.

4. Mengatasi stress

Stress adalah sebuah kondisi yang dirasakan seseorang ketika sedang tertekan dan ini merupakan kondisi yang buruk bagi seseorang dalam menjalankan aktivitasnya. Terserang stress terkadang tidak disadari, karena biasanya orang hanya akan merasakan lelah yang amat sangat walaupun sudah tidur cukup. Nah, ternyata membaca sebelum tidur sendiri dapat mengatasi kondisi stress pada tubuh Anda. Dengan membaca maka akan membantu tubuh dan pikiran untuk  lebih tenang dan juga mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Itulah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh ketika melakuakn kegiatan membaca sebelum tidur, di mana yang pasti sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mental. Sangat disarankan untuk melakukan kegiatan ini minimal 6 menit setiap malam, di mana waktu tersebut sudah terbilang cukup untuk membuat tubuh dan pikiran tenang.

Sumber : https://magazine.job-like.com/inilah-4-manfaat-kesehatan-membaca-buku-sebelum-tidur/

Dina Meidiana – BATAS.ID