Batas.ID ~ Pacitan -Ratusan Kethek Ogleng menampilkan kebolehannya di Monumen Jenderal Soedirman, Dusun Sobo Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, pada Minggu (14/10/2018).

Ratusan Kethek Ogleng tersebut tampil dalam rangka memeriahkan peringatan ulang tahun Sanggar Tari Kethek Ogleng Condro Wanoro yang ke-50.

Tari Kethek Ogleng sendiri merupakan budaya asli Kabupaten Pacitan, yaitu dari Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan.

Masyarakat sangat antusias menyaksikan pertunjukan langsung dari Kethek Ogleng yang digarap oleh Sanggar Condro Wanoro Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan.

Bupati Pacitan melakukan pemotongan tumpeng sebagai tanda peringatan ulang tahun Sanggar Tari Condro Wanoro / foto: rudianto @ batas.id

Camat Nawangan Sukarwan dalam sambutannya mengatakan bahwa acara tersebut merupakan hasil dari Sanggar Tari Kethek Ogleng Condro Wanoro yang ke-50, yang merupakan kesenian asli dari Desa Tokawi, Nawangan dan Mbah Sutiman, pendiri tari Kethek Ogleng pun ikut hadir di acara tersebut.

“Kami meminta kegiatan ini menjadi agenda rutin yang dapat menyedot animo masyarakat dan menumbuhkan ekonomi di Kecamatan Nawangan serta bisa menjadi ikon kesenian asli dari Kabupaten Pacitan,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Pacitan Indartato juga mengharapkan acara tersebut menjadi agenda rutin di Pacitan dan akan digunakan untuk menjadi ikon Kabupaten Pacitan.

“Kami juga memberikan penghargaan yang sangat besar kepada Mbah Sutiman yang merupakan pendiri Seni Kethek Ogleng asli dari Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan,” jelasnya.

Selesai sambutan, sebanyak 200 penari Kethek Ogleng dari sanggar tari Condro Wanoro pimpinan mbah Sutiman dan tak kurang 5000 masyarakat yang hadir menonton langsung di daerah Monumen Jendral Soedirman (Mujensoe).

Tak hanya Kethek Ogleng, kegiatan dilanjutkan dengan persembahan reog dari Desa Nawangan dan penampilan tari Kethek Ogleng dari SMK 1 Nawangan.

Selain itu, ada juga tari-tarian dalam kegiatan tersebut, yaitu kesenian reog dan tari Gambyong dari sanggar tari Kartika Putri Kabupaten Ponorogo, penampilan Drum band SMK Negeri 1 Nawangan dan tari gambyong. (rudianto)