Truk terguling mengakibatkan muatan berserakan/foto : edysw ©batas.id

batas.id~TANGERANG-Rem blong mengakibatkan truk bermuatan lembaran kayu MDF terguling di exit tol bitung menuju arah Serang pada Selasa sore (24/01/2017).

Truk bernopol B 9552 SYL sedianya akan mengirimkan kayu lembaran berbahan MDF ke salah satu perusahaan yang terletak tidak jauh dari lokasi tergulingnya truk.

Menurut sopir truk, kronologi terjadinya peristiwa adalah ketika rem sudah tidak kuat menahan laju truk dengan jalan yang sedikit menurun. “Nyeplos remnya pak,” tutur sopir truk.

Muatan yang berserakan kembali dinaikkan ke truk menggunakan forklift/foto : edysw ©batas.id

Sebelum terguling, truk mengambil jalan disisi sebelah kanan untuk menghindari lubang besar disisi kiri. Truk yang tidak bisa dikendalikan, kemudian oleh sopir dibanting kekanan sehingga ban naik kepembatas jalan dan mengakibatkan posisi truk menjadi miring karena beban yang berat dan akhirnya terguling, lembaran kayu yang dimuat pun berserakan kemana-mana.

Penanganan segera dilaksanakan dengan mengangkat truk yang terguling menggunakan mobil derek.

Setelah sekitar empat jam, seluruh muatan yang tercecer sudah berhasil kembali dinaikkan ke atas truk dan jalan exit tol bitung kembali dibuka pada pukul 19.30 WIB.

Akibat peristiwa ini, terjadi kemacetan panjang diruas exit tol menuju serang. Untuk mengatasi kemacetan lebih parah, petugas lalulintas mengalihkan kendaraan menuju arah Tangerang. (edy.sw)