Rumah roboh tertimpa talud jalan propinsi yang jebol/foto : gunawan w ©batas.id

batas.id~WONOGIRI-Rumah seorang warga roboh akibat tertimpa talud jalan propinsi yang jebol. Rumah milik sorang janda pensiunan TNI tersebut langsung rata dengan tanah ketika terkena bongkahan reruntuhan talud jalan propinsi yang menghubungkan Kabupaten Wonogiri dengan Kabupaten Pacitan, tepatnya di Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri.

Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (28/2/2017) malam, sekira jam 19.15 WIB. Hujan yang sangat lebat sejak pukul 18.00 WIB hingga pukul 19.30 WIB mengguyur tempat kejadian perkara. Talud jalan propinsi setinggi 2,5 m, yang baru saja dibangun sekitar tujuh bulan yang lalu, tak mampu menahan beban sampai akhirnya jebol dan menimpa rumah warga hingga roboh rata dengan tanah.

Talud jalan propinsi yang jebol/foto : gunawan w ©batas.id

Rumah milik Suparni (70) warga RT. 01 RW. 01, Dusun Jladri, Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, roboh dengan semua perabotan serta peralatan rumah tangga tertimbun puing-puing reruntuhan rumah dan kerugian ditaksir hingga Rp. 60.000.000,-.

Putra bungsu korban menuturkan bahwa peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 19.15 WIB, saat itu, sang ibu baru saja dari dapur untuk membikin minuman dan tiba-tiba terdengar suara yang sangat keras, karena suasana yang masih hujan lebat hanya beberapa tetangga terdekat saja yang mendengar suara tersebut.

“Sebenarnya sudah banyak yang bilang jika pondasi talud ini “nggandul” namun tidak mengira jika akan jebol seperti ini,” kata Aris, putra bungsu korban.

Sementara itu Kepala Desa Pucung, Kateno, yang langsung datang ke TKP menuturkan jika penanganan reruntuhan rumah akan dilakukan esok pagi (hari ini-red) karena kondisi cuaca yang masih hujan dan sangat gelap. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya saja kerugian mencapai sekitar 60 juta karena rumah roboh total rata dengan tanah dan evakuasi akan dilakukan besok pagi oleh warga sekitar,” jelas Kateno. (gw)