Samsung Catatkan Penjualan Konsolidasi 50 Triliun Won

Samsung Catatkan Penjualan Konsolidasi 50 Triliun Won

372
0

● Kegagalan peluncuran Samsung Galaxy Note7 tahun lalu tak terlalu berpengaruh pada kinerja Samsung Electronics.

● Laba operasionalnya pun tetap tumbuh dibanding periode yang sama 2016.

 

BATAS.ID~SEOUL – Samsung Electronics Co. Ltd., vendor elektronik global asal Korea Selatan, hari ini mengumumkan panduan pendapatan yang dicatatkannya secara konsolidasi pada kuartal pertama 2017. Dalam pengumuman yang diterima TechnoBusiness, produsen ponsel terbesar kedua dunia setelah Apple asal Amerika Serikat itu berhasil membukukan pendapatan sekitar 49-51 triliun won Korea.
Dari pendapatan sebesar itu, perusahaan meraup laba operasional sekitar 9,8-10 triliun won. Angka tersebut, berdasarkan Korean International Financial Reporting Standards (K-IFRS), kurang lebih sama dengan yang dicatatkan pada kuartal pertama 2016 yang memperoleh pendapatan 49,78 triliun won, tetapi lebih kecil dibanding kuartal keempat 2016 yang mencapai 53,33 triliun won.

Baca Juga  Pasar E-Commerce Indonesia Diramaikan oleh 26,2 Juta Usaha

Meski pendapatan operasional secara konsolidasi pada kuartal pertama 2017 hampir sama dengan periode setahun lalu, laba yang dihasilkan kali ini jauh lebih besar. Jika laba yang dihasilkan pada kuartal pertama tahun lalu sekitar 6,68 triliun won dan 9,22 triliun won pada kuartal keempat, laba kuartal pertama 2017 mencapai 9,8-10 triliun won.

 

Dari pendapatan sebesar itu, perusahaan meraup laba operasional sekitar 9,8-10 triliun won.

 

 

Laporan itu bukan sekadar memaparkan keberhasilan kinerja Samsung, tapi juga menjawab keraguan banyak pihak setelah kerugian perseroan akibat kegagalan peluncuran Samsung Galaxy Note7 tahun lalu. Seperti diberitakan TechnoBusiness pada 16 Oktober 2016, Samsung berpotensi kehilangan laba operasional sebesar 3 triliun won pada kuartal keempat 2016 dan kuartal pertama 2017.

Baca Juga  Galaxy Note8, Pertaruhan Terbaru Samsung Electronics

Rincian potensi kehilangan laba operasional itu antara lain senilai 2 triliun won pada kuartal keempat 2016 dan 1 triliun won pada kuartal pertama 2017. Tidak dijelaskan apakah dampak kegagalan peluncuran Samsung Galaxy Note7 itu benar-benar memengaruhi kinerja keuangan perusahaan, yang pasti laporan pedoman pendapatan perusahaan menyebutkan bahwa laba operasional perseroan positif 9,8-10 triliun.**

NRP-BATAS.ID—Lee Han Seng, TechnoBusinessFoto-Foto: Samsung Electronics