Samsung Galaxy A8 dan A8+, Ponsel Pintar untuk Kaum Milenial
  • Galaxy A8 dan A8+ hadir dengan kamera depan ganda berfitur Live Focus dan efek bokeh.
  • Seri terbaru ini disiapkan Samsung untuk segmen generasi muda yang sedang menuju puncak karier.

 

Samsung Electronics Indonesia hari ini meluncurkan ponsel pintar (smartphone) kelas menegah, Galaxy A8 dan Galaxy A8+ ke pasar Tanah Air. Kedua ponsel berpenampilan premium ini disiapkan Samsung untuk segmen pengguna berusia muda atau generasi milenial yang sedang menuju puncak karier.

 

 

Ponsel pintar seri Galaxy A telah dihadirkan Samsung sejak 2015 dan menjadi varian lebih terjangkau dari model unggulan seri Galaxy S. Sejak saat itu, seri Galaxy A kian mempersempit jaraknya dengan seri Galaxy S dalam hal desain dan fitur premium yang ditawarkan.

Galaxy A8 dan A8+ merupakan penerus Galaxy A7 yang hadir tahun lalu setelah kehadiran ponsel pintar unggulan Galaxy S7. Seperti pendahulunya, seri Galaxy A terbaru ini tidak hanya hadir setelah ponsel pintar unggulan Galaxy S8 dan S8 Plus, melainkan juga tersedia dalam dua varian, yakni Galaxy A8 dan Galaxy A8+.

Dari segi desain, Galaxy A8 dan A8+ terlihat serupa dengan ponsel pintar unggulan Galaxy S8 dan S8 Plus yang menyajikan balutan material metal dan kaca pada bodi. Berbeda dari pendahulunya, Galaxy A8 dan A8+ kini hadir dengan layar Infinity Display Super AMOLED beresolusi FHD+ (1080 x 2220 piksel) berukuran 5,6 inci (A8) dan 6 inci (A8+).

Baca Juga  Tak Semua Bisnis Kuliner Tumbuh. Ini Penyebabnya

Seperti ponsel pintar unggulan Galaxy S8 dan S8+, layar Infinity Display merupakan layar dengan aspek rasio 18,5:9 atau lebih panjang daripada aspek rasio layar 16:9 milik kebanyakan ponsel pintar lainnya. Berkat layar Infinity Display, Galaxy A8 dan A8+ menyediakan ukuran layar lebih besar tetapi dengan bodi lebih ramping sehingga nyaman digenggam. Galaxy A8 hadir dengan dimensi 149,2 x 70,6 x 8,4 mm dan bobot 172 gram, sedangkan Galaxy A8+ memiliki dimensi 159,9 x 75,7 x 8,3 mm dan bobot 191 gram.

Fitur unggulan yang disematkan Samsung pada Galaxy A8 dan A8+ adalah dua kamera depan (selfie) beresolusi 16 MP + 8 MP dengan f/1.9 yang menjanjikan fitur bokeh dan kualitas foto terbaik di bawah kondisi cahaya apa pun. Di belakang, Samsung menyediakan modul kamera beresolusi 16 MP f/1.7 untuk performa memotret berkualitas tinggi di beragam kondisi cahaya.

Baca Juga  JD.ID Buka Toko Berbasis AI Pertama di Indonesia

Fitur keamanan didukung oleh sensor sidik jari di belakang dan kemampuan pengenalan wajah. Seperti halnya smartphone unggulan Galaxy S8 dan S8 Plus, Galaxy A8 dan A8+ memiliki ketahanan terhadap debu dan air dengan peringkat IP68.

Samsung juga menyematkan fitur ponsel pintar kelas premium, yaitu Bixby Vision. Fitur baru tersebut memungkinkan pencarian informasi dengan mudah dan cepat menggunakan foto hasil jepretan kamera. Bixby Vision mampu memindai teks pada foto yang Anda ambil mengunakan Galaxy A8 atau A8+, lalu menerjemahkannya hingga ke dalam 56 bahasa. Atau, saat Anda memotret sebuah obyek terkenal seperti gedung, monumen, atau jembatan, maka Bixby Vision akan menampilkan informasi seputar obyek gambar tersebut. Tentu saja, fitur Bixby Voice hanya berjalan jika tersedia konektivitas internet.

Di sisi spesifikasi perangkat keras (hardware), Galaxy S8 dan A8+ dilengkapi dengan prosesor octa-core (2,2 GHz Dual + 1,6 GHz Hexa), memori RAM 4 GB (A8) dan 4 GB/6 GB (A8+), dan kapasitas media penyimpanan internal 32/64 GB yang bisa diekspansi via slot microSD hingga 256 GB. Spesifikasi lainnya termasuk baterai berkapasitas 3000 mAh (A8) dan 3500 mAh (A8+) yang mendukung fitur Fast Charging via port USB Type-C.

Baca Juga  Situs Properti UrbanIndo Berubah Jadi 99.co

Selain Wi-Fi 802.11ac dan Bluetooth v5.0, Galaxy A8 dan A8+ menyediakan pula fitur NFC. Kedua ponsel pintar ini berjalan menggunakan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat. Samsung menyediakan Galaxy A8 dan A8+ dalam tiga varian warna yakni Orchid Gray, Black, dan Gold.

Samsung Galaxy A8 dan A8+ akan tersedia di pasar ritel Tanah Air mulai 19 Januari 2018 dengan tawaran banderol harga berturut-turut Rp6,49 juta dan Rp8,09 juta.

Bertepatan dengan ketersediaan Galaxy A8 dan A8+, Samsung akan menggelar aktivitas promo mulai 19-21 Januari 2018 di Food Society, Kota Kasablanka, Jakarta. Bagi pembeli di acara promo tersebut akan mendapatkan cashback hingga satu bulan cicilan, perlindungan perangkat dari AXA Mandiri, dan speaker JBL Duet senilai Rp. 2 juta. Tidak hanya itu, bagi 50 pembeli pertama, Samsung akan memberikan smartwatch Samsung Gear Fit2 Pro.

—Andrianto, TechnoBusiness ID Foto-Foto: Samsung Electronics

 

Artikel Asli