BATAS.ID~Solo- Bayam adalah salah satu sayuran yang menjadi favorite banyak orang, di mana biasanya orang Indonesia memasak bayam untuk dijadikan sayur bening atau biasa disebut dengan sayur bayam. Sayur ini sendiri sering kali diberikan untuk anak-anak karena memang mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Namun, banyak sekali para orang tua yang sering melarang untuk memanaskan sayur bayam ini, di mana mereka percaya bahwa sayur bayam akan beracun jika dipanaskan berkali-kali. Apakah ini benar? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Dalam Sayur Bayam Terkandung Senyawa Nitrat

Bayam sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung senyawa nitrat yang sangat tinggi. Senyawa nitrat ini didapatkan bayam dari air, pupuk, tanah, dan udara yang digunakan oleh tanaman bayam untuk hidup. Jumlah kandungan nitrat dalam sayuran tertentu bergantung pada kondisi tanah, banyaknya pupuk yang digunakan, dan kematangan tanaman.

Nitrat sendiri sebenarnya adalah senyawa yang tidak berbahaya bagi tubuh, di mana ada khasiat positif yang dapat diperoleh dari senyawa yang satu ini, seperti melemaskan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah Akan tetapi, senyawa Nitrat ini dapat berubah menjadi nitrit yang berbahaya.

Nitrit dapat bereaksi dengan senyawa lain yang ada dalam tubuh dan membentuk karsinogen, senyawa penyebab kanker. Senyawa nitrit yang terlalu tinggi dipercaya oleh para peneliti dapat meningkatkan resiko terserang kanker tertentu walaupun tidak secara langsung.

Hal inilah yang ditakutkan oleh masyarakat ketika memanaskan sayur bayam yang terdapat kandungan nitrat dan dapat diubah menjadi senyawa nitrit, pemicu penyakit kanker. Namun, pada kenyataan sendiri tidak seperti itu.

Apakah Sayur Bayam Boleh Dipanaskan?

photo from makanajib.com

Memanaskan sayur bayam sendiri sebenarnya tidak masalah dan tetap akan aman jika dilakukan dengan benar. Di mana sebaiknya memanaskan sayur bayam dengan suhu yang tidak terlalu tinggi dan tidak dalam waktu yang lama. Hal tersebut juga dapat menjaga nutrisi yang ada pada sayur hijau ini.

Sebenarnya pada saat Anda memanaskan atau merebus sayur bayam, maka senyawa nitrat yang terkandung akan ikut menghilang atau menguap karena panas. Maka, kandungan nitrat yang ada pada bayam tidak terlalu tinggi sehingga tidak berbahaya bagi tubuh ketika diubah menjadi nitrit.

Terlebih lagi sebenarnya kandungan nitrat pada sayuran masih dalam jumlah yang aman untuk masuk kedalam tubuh. Namun, bagi Anda yang memiliki bayi dan ingin memberikan bayam lebih baik memang tidak terlalu banyak. Hal ini sendiri dikarenakan bayi masih rentan terhadap berbagai macam penyakit, di mana kandungan nitrat yang tinggi pada bayam dapat mngganggu pencernaan bayi yang masih belum sempurna.

Jadi, sebenarnya tidak masalah jika ingin memanaskan sayur bayam namun lebih baik tidak terlalu sering dan dengan cara yang benar. Pada dasarnya memanaskan makanan atau sayuran berkali-kali dapat menghilangkan vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran, sehingga akan menjadi sia-sia saja ketika dikonsumsi karena sudah tidak ada kandungan yang baik dalam sayuran tersebut.

Sumber : hellosehat.com

Dina Meidiana-BATAS.ID