Batas.id~DEPOK – Adalah M.Tholib (75) seorang penjaja Jasa timbang badan dan tensi darah secara keliling. Diusianya yang tidak lagi muda kakek dari 12 cucu ini masih sangat enerjik melakukan aktifitas sehari hari berkeliling sebagian kota depok dan sekitar Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur.

Pada kamis (15/09/2016 ) Tim Batas menemui Pak Tholib panggilan akarab M. Tholib ini di bilangan Kelurahan Pekayon Pasar Rebo Jakarta, sekitar pukul 07.00 beliau sudah sampai di Pekayon yang berjarak sekitar 5 km dari tempat tinggaya di Cisalak Pasar. “Pak Tholib neng Pak Tholib lewat ” nada yang biasa ia ucapkan dalam setiap langkahnya. Kali ini Pak Tholib sangat ceria dengan melantunkan nada nada lagu Dangdut Karangan Si Raja Dangdut Rhoma Irama dengan sedikit gemetar. Kami pun melakukan percakapan sejenak dan meminta keterangan dari Pak Tholib. Beliau menuturkan bahwa profesinya ini sudah ia lakukan 20 tahun lebih, dimana profesi sebelumnya sebagai Tukang Foto keliling, lebih lanjut ia mengatakan bahwa Profesinya ini sebenarnya dulu hanya iseng dikala sudah pulang dari Dinasnya sebagai Pegawai RRI, sambil memperlihatkan beberapa bekas indentitas kepegawaian RRI dan Veteran Tentara. “Beginilah neng Pak Tholib dulu seorang tentara jadi sekarang suaranya masih berisik”, kilahnya sambil menyambung dengan menyanyikan satu buah lagu lagi buat kami.

Baca Juga  Tranformasi H.Nur Ekhwan dari Tukang AC Keliling  Menjadi Pengusaha AC

Kami menanyakan di topi maupun perangkatnya ada logo/lambang dari salah satu stasiun TV Swasta Nasional dan ternyata beliau sudah pernah diliput oleh TV tersebut dalam acara orang pinggiran. Berkat diliput TV tersebut beliau banyak dikenal orang sehingga lebi mudah menjajakan jasanya yang tak pernah pasang tarif untuk para pelanggannya, “yang penting berkah neng” tutup Pak tole mengakiri pembicaraan dengan kami dan melanjutkan kegiatannya hari ini.

MJN-batas.id