Sharp Cari Celah di Pasar Otomotif

Jakarta, TechnoBusiness IDSharp, yang di Indonesia didistribusikan oleh PT Sharp Electronics Indonesia, memang bukan merek mobil.

Tetapi, dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, merek elektronik asal Jepang itu turut hadir di antara 35 merek otomotif.

 

Baca Juga: Transportasi Hyperloop Mulai Dibangun di Dubai

 

Lho, kok bisa? Padahal, jangankan merek mobil, suku cadang juga bukan. Rupanya, Sharp ingin mempromosikan salah satu produknya, yaitu penjernih udara (air purifier).

Sharp memang sudah lama memproduksi dan memasarkan penjernih udara secara global, termasuk di Indonesia. Sayangnya, kesadaran menggunakan penjernih udara di Tanah Air masih sangat rendah, hanya 5%.

Baca Juga  Optimisme Jokowi dan Prediksi Manpower Group

Bandingkan dengan penetrasi pasar pendingin ruangan (air conditioner) yang sudah mencapai 25-30%. Itu sebabnya, Sharp merasa perlu untuk terus melakukan promosi.

Sharp, yang sudah hadir di Indonesia sejak 1970, mengincar ceruk di pasar otomotif. Pasalnya, tidak sedikit kaum urban Jakarta yang menghabiskan banyak waktu di mobil.

Masalahnya, meski interior mobil tampak bersih, bakteri yang beterbangan juga banyak. Dengan demikian, udara di dalam mobil sebetulnya tidak sepenuhnya sehat.

“IIMS selalu menjadi peluang bagus bagi Sharp untuk mengenalkan kembali produk penjernih udara.”

—Agus Soewadjie, Assistant General Manager Marketing Communication Division Sharp Electronics Indonesia

Untuk itu, Sharp menawarkan produk penjernih udara yang siap mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga  Rizal Ramli: Kebijakan Pengetatan Anggaran Justru Memperlambat Perekonomian

“IIMS selalu menjadi peluang bagus bagi Sharp untuk mengenalkan kembali produk penjernih udara, baik untuk mobil maupun rumah,” kata Agus Soewadjie, Assistant General Manager Marketing Communication Division Sharp Electronics Indonesia.

Strategi Sharp tahun ini bukanlah yang pertama. Hampir setiap tahun Sharp tidak absen dari IIMS. “Kami percaya, dengan udara yang sehat, berkendara pun akan semakin aman dan nyaman,” lanjut Agus.

Di hall B3 nomor B35, Sharp memamerkan jajaran produk penjernih udara, satu di antaranya tentu tipe car air purifier. Tipe khusus mobil itu sudah ditawarkan sejak 2016.

Sama seperti air purifier Sharp lainnya, tipe car air purifier dibekali teknologi plasmacluster yang mampu menonaktifkan virus, bakteri, jamur, dan bau tak sedap.

Baca Juga  Produsen Jet Tempur F-16 Kembangkan Jet Bisnis Supersonik

Satu car air purifier sanggup menjernihkan dan melembabkan ruangan 3,6 meter kubik (m3) atau seluas mobil mini MPV tiga baris kursi seperti Suzuki Ertiga dan sejenisnya.

Produknya dilengkapi dua terminal car adapter. Ada tiga warna pilihan car air purifier yang dipamerkan Sharp, antara lain black metallic, silky gold, dan sexy pink, yang bisa disesuaikan dengan warna mobil pengguna.●

—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: Sharp

 

Artikel Asli