Kunjungan lapangan ke kediaman salah satu lansia terlantar/foto gunawan wibisono/©batas.id

Batas.id~WONOGIRI-SMK 3 Surakarta menggelar kegiatan bhakti sosial di Desa Miri, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri pada hari Selasa (20/12/2016). Kegiatan tersebut digelar di Balai Desa Miri, dari jam 8.00 wib sampai selesai. Kegiatan itu sendiri dikemas dalam bentuk pembagian sembako gratis, pasar murah pakaian pantas pakai serta lomba anak-anak usia PAUD.

Pj. Kepala Desa Miri, Jamari, A.Md., mewakili jajaran pemerintah Desa Miri, menyampaikan ucapan terima kasih kepada SMK 3 Surakarta yang sudah jauh-jauh untuk membantu masyarakat kurang mampu di Desa Miri. “Atas nama pemerintah Desa Miri, saya menyampaikan terima kasih kepada adik-adik rohis dan SMK 3 Surakarta yang telah meluangkan waktu untuk datang ke Desa Miri,” kata Jamari.

Baca Juga  Jelang Aksi Bela Islam jilid III peserta dari Tangerang menginap di Masjid besar Al Adzom
Penyerahan sembako secara simbolis dari pembina rohis smk 3 surakarta kepada salah satu lansia terlantar/foto gunawan wibisono/©batas.id
Penyerahan sembako secara simbolis dari pembina rohis smk 3 surakarta kepada salah satu lansia terlantar/foto gunawan wibisono/©batas.id

Pada kesempatan yang sama, Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., berkenan memberikan sambutan dan menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi penduduk lansia miskin di Kecamatan Kismantoro. “Kecamatan Kismantoro masuk dalam “zona merah” kemiskinan terbesar di Kabupaten Wonogiri maupun tingkat propinsi Jawa Tengah, sehingga sudah tepat kiranya jika baksos ini digelar di Kismantoro,” jelas Camat Kismantoro.

Sementara itu, pembina Rohis SMK 3 Surakarta, Sugiharto, S.Ag., menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran kepada para siswa agar lebih peka dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Hal senada juga disampaikan Ketua Rohis, Umar Sahiddin, bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin Rohis SMK 3 Surakarta. “Sudah menjadi agenda rutin kami untuk menyelenggarakan kegiatan ini, sekaligus ini merupakan program akhir Rohis karena kami sudah kelas XII dan sebentar lagi mau ujian,” jelas Umar.

Baca Juga  Pesawat Mendarat Darurat di Sawah
Kegiatan lomba anak-anak, lomba mewarnai/foto gunawan wibisono/©batas.id
Kegiatan lomba anak-anak, lomba mewarnai/foto gunawan wibisono/©batas.id

Ditempat terpisah, penerima sembako gratis yang merupakan masyarakat Lanjut Usia Terlantar (LUT), mbah Sukinah (73 th), menyampaikan rasa senangnya. “Seneng sekali mas dapat bantuan, bisa untuk nambah-nambah persediaan dirumah,” kata nenek renta ini.

Hal yang sama juga terlontar dari Mardatmi, yang hadir mewakili neneknya yang bernama mbah Mesiyem yang tidak bisa datang karena memang sudah tak kuat lagi berjalan kaki. Mardatmi sendiri menyempatkan diri untuk membeli beberapa helai pakaian anak untuk putrinya yang masih kelas 2 SD. “Saya beli kaos untuk anakku yang masih SD mas, masih bagus kok dan memang sangat murah tadi, sepuluh ribu dapat tiga mas,” terang Mardatmi.

Baca Juga  Nama Korban Minibus Terjun ke Sawah
Pasar murah pakaian layak pakai diserbu pembeli/foto gunawan wibisono/©batas.id
Pasar murah pakaian layak pakai diserbu pembeli/foto gunawan wibisono/©batas.id

Selain dihadiri Camat Kismantoro, para aparatur Desa Miri dan warga masyarakat setempat, turut hadir juga beberapa anggota Relawan Peduli Kismantoro (RPK) yang sengaja hadir untuk turut membantu kelancaran acara baksos dan dikomandani langsung oleh Ketua RPK, Edi Purnomo. (Gunawan Wibisono-Batas Media)