BATAS.ID~Wonosobo-Kesenian Jathilan Rewo-Rewo atau Kuda Kepang dengan nama keren “ Horse Dancing Traditional” yang dimainkan oleh sejumlah seniman  dan seniwati di Desa Pagerejo yang tampil dalam pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-100 Kodim 0707/Wonosobo,Rabu (27/9) mampu mengundang daya tarik bagi masyarakat serta tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

 Kesenian Jathilan bernama Sri Muda Rahayu pimpinan Sutarno tampil memukau dan berhasil menghibur masyarakat serta prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD Reguler Kodim Wonosobo. Bahkan,Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV/Diponegoro,  Bupati beserta seluruh tamu undangan memberikan aplaus.

 


Komandan Kodim (Dandim) O707/Wonosobo, Letkol Czi Dwi Hariyono yang juga selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD Reguler mengemukakan, bahwa dirinya sengaja menghadirkan dan menampilkan hiburan seni jathilan dihadapan seluruh tamu undangan dan prajurit TNI (Satgas) mengingat Pagerejo yang menjadi lokasi sasaran TMMD Reguler Kodim Wonosobo memiliki potensi seni yang tidak kalah dengan daerah lain. Terbukti jathilan rewo-rewo desa ini sering diundang untuk pentas dilain daerah.

 ‘’Seni jathilan rewo-rewo Sri Muda Rahayu merupakan kesenian tradisional yang dimiliki oleh Desa Pagerejo. Seluruh pemain atau senimannya adalah masyarakat setempat. Karena ini adalah potensi, maka sengaja saya hadirkan kepada seluruh tamu undangan dalam upacara pembukaan TMMD Reguler Kodim Wonosobo. Alhamdulillah, ternyata penampilan jathilan ini benar-benar mampu menarik dan menghibur,” terang Letkol Dwi.


 

Ditambahkannya, diharapkan dengan ditampilkannya jathilan yang menjadi potensi seni masyarakat setempat dapat menggugah instansi terkait, utamanya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  untuk dapat memberikan pembinaan guna mengembangkan potensi seni di Pagerejo.



“Potensi seni yang dimiliki masyarakat di Desa Pagerejo harus mendapat apresiasi. Diharapkan dengan dilakukan pembinaan dari kebudayaan, diharapkan mampu meningkatkan kualitas seni di daerah ini,” pungkas Dansatgas.   




 

RULY|Pendim 0707/Wsb