ilustrasi oleh Google
  • Dari 17 juta perempuan Indonesia yang berpuasa, 10 juta di antaranya benar-benar mempersiapkannya.
  • Sebanyak 30% ibu-ibu merasa stres karena dituntut untuk menjaga kerapian rumah sekaligus menghidangkan jamuan selama Ramadhan.

BATAS.ID~ JAKARTA– Umat Islam sedang menjalani ibadah Ramadhan selama sebulan ke depan sejak Sabtu (27/5). Bulan penuh berkah itu biasanya diramaikan dengan suguhansuguhan makanan istimewa. Menurut survei Kantar Research yang ditunjuk Facebook terhadap 1.000 lebih umat muslim di Indonesia dan Malaysia pada 2016, lebih dari 30% perempuan mengalami stres karena dituntut mesti menjaga kerapian rumah sekaligus menyiapkan hidangan selama bulan puasa.

Karena kesibukan itu, 28% perempuan di antaranya lalu merasa khawatir akan penampilannya. Itu sebabnya, ada tiga topik penting di Facebook selama Ramadhan bagi perempuan, yakni seputar keluarga, makanan, dan rumah tangga. Sementara di Instagram, busana muslim, belanja, dan perasaan yang senang menjadi tagar utama.

Bagi pebisnis, tentu topik-topik utama dalam obrolan itu menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Misalnya, dalam dua minggu sebelum Ramadhan, orang-orang mulai berpikir membersihkan diri dan rumah mereka. Momen itu menjadi kesempatan bagi merek-merek perlengkapan dan perawatan rumah mempromosikan produknya.

Minggu pertama Ramadhan, mereka fokus pada penyediaan hidangan berbuka puasa dan kebersamaan dengan keluarga serta teman. Pada masa ini, restoran dan merek makanan dapat memanfaatkan peluang tersebut. Minggu kedua dan ketiga, biasanya digunakan untuk reuni atau buka bersama dengan teman atau kolega.

Momen-momen di atas jangan sampai telat ditangkap. Sebab, minggu keempat Ramadhan orang-orang sudah mulai persiapan mudik. Pada masa-masa ini, biasanya mereka lebih sibuk berbelanja hadiah atau oleh-oleh daripada barang lainnya.

Berdasarkan data dari Facebook, selama bulan puasa pasti terdapat lonjakan penggunaan ponsel, terutama dari pengguna perempuan. Sebanyak 97% postingan perempuan di Facebook berasal dari ponsel, 3 dari 4 di antara pengguna tetap terhubung dengan keluarga dan teman lewat media sosial sesibuk apa pun.

Untuk itu, kata Facebook, ceritakan tentang merek Anda melalui konten mikro yang relevan dan inspirasional di ponsel yang mengajak orang untuk mengeksplorasi merek Anda lebih jauh. “Bangun koneksi dengan para perempuan tersebut melalui gambar, video, carousel, dan canvas secara kreatif. Tawarkan promosi, saran, dan tips yang inspiratif kepada audiens yang dapat membuat bulan Ramadhan menjadi lebih mudah dan bebas stres,” jelas Facebook.●

NRP-BATAS.ID, TechnoBusiness IDGrafis: fcebook