​batas.id~Wonogiri-Panen melimpah adalah harapan semua petani, namun tidak mudah untuk mendapatkan hasil yang maksimal, usaha warga Gedawung satu ini patut di contoh.

Adalah Sunardi, ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapotan)  Jati Mulya Gedawung, Kismantoro, Wonogiri. Setelah mendapat pengarahan dari dinas pertanian Wonigiri,ia mempraktekan sesuai arahan dan ilmu yang didapatnya. Yang akhirnya membuahkan hasil setelah melalui proses dan berkat ketlatenannya, Sunardi Baru pertama kali menanam cabai bisa di bilang cukup  berhasil dan sudah memetik hasil jerih payahnya, apa yang ia lakukan menjadi inspirasi para tetangga Sunardi yang ingin mengikuti jejaknya.

“Saya menerapkan dengan cara sesuai aturan dari dinas pertanian,bukan sembarang menanam dan saya mengharapkan pemuda sekarang jangan malu jadi petani ini buktinya hasilnya lumayan.”

Baca Juga  Bikin Sendiri "Pestisida Alami" Untuk Siasati Mahalnya Harga Pestisida Kimia

Hasil panen cabai Sunardi

Sunardi menanam Cabai Jenis Cabai Kriting, sebagai Ketua Kelompok Tani, Sunardi ingin memberi contoh kepada anggotannya selain lewat sosialisasi pertemuan  ia juga mempraktekkan sendiri.

Pertama kali Sunardi menanam 2.500 pohon cabai dan iasudah tiga kali memanen. Meskipun tidak menggunakan teknik khusus namun hasilnya bagus. Sunardi hanya mengandalkan pupuk kandang (organik) dan ramuan pestisida buatan sendiri yang ramah lingkungan.

“Saya menerapkan dengan cara sesuai aturan dari dinas pertanian,bukan sembarang menanam dan saya mengharapkan pemuda sekarang jangan malu jadi petani ini buktinya hasilnya lumayan.” jelas Sunardi
Sambung Sunardi, meski baru pertama kali ia menanan namun sudah membuahkan hasil.”alhamdulillah baru pertama belajar ternyata hasilnya bisa dilihat sendiri (sambil menunjukkan tanamannya yang akan dipanen)”.
Panen pertama kali pada saat cabai berumur tiga bulan dan mendapatkan 17kg, panen kedua 42kg jarak panen lima hari kepanen berikutnya, panen seterusnya akan meningkat sampai panen kedelapan setelah itu masih bisa panen tapi akan menurun.”Hari ini (Jumat 12/5) panen 95kg, ini panen yang ketiga.” Kata Sunardi.

Baca Juga  Patut di Contoh, Warga Blok Salam Kota Depok Gotong Royong  Benahi Jembatan dan Jalan Rusak 

Rey-BATAS.ID •Foto : Reymond Supriyanto