BATAS.ID~JAKARTA— SWIFT mengumumkan penerapan gpi Tracker pada semua instruksi pembayaran yang dikirim melalui jaringan, memungkinkan bank-bank gpi untuk melacak semua instruksi pembayaran SWIFT kapan saja, dan menjadikan semua aktivitas pembayaran sepenuhnya transparan.

Layanan Tracker yang dirilis sejak Mei 2017 ini memungkinkan bank-bank yang tergabung di dalamnya untuk melacak pembayaran gpi secara real-time. Mulai November 2018, referensi unik transaksi end-to-end (UETR, Unique end to end transaction reference) akan disertakan dalam semua instruksi pembayaran di SWIFT, sehingga bank-bank gpi dapat melacak semua instruksi pembayaran pada 11.000 nasabah SWIFT setiap saat, di lebih dari 200 negara dan wilayah.

Navinder Duggal, Group Head of Cash Product Management from DBS menambahkan: “gpi telah memudahkan proses transfer dana sebesar lebih dari ratusan milyar dolar di seluruh dunia dengan cepat dan aman setiap hari. Penerapan fitur tracker pada pembayaran non-gpi dapat meningkatkan transparansi secara signifikan dan mendorong lebih banyak bank untuk bergabung dalam prakarsa ini, dengan cepat menjadikan gpi sebagai “cara baru” dalam proses pembayaran lintas negara.”

Baca Juga  Ondel-ondel Ikut Ramaikan Coblosan Pilkada DKI

“Penerapan end-to-end tracking pada semua instruksi pembayaran hingga tujuan akhir merupakan sebuah terobosan dalam industri ini,” ujar Lars Sjögren, Global Head of Transaction Banking, Danske Bank  

“Hingga tahun lalu, bank tidak dapat memperoleh informasi ini untuk para nasabah. Namun, kehadiran gpi Tracker telah menjawab tantangan tersebut, mentransformasi pembayaran lintas negara, dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan bank kepada para nasabah secara signifikan, sambil tetap menjaga efisiensi biaya.

Layanan Tracker secara otomatis menginformasikan status terbaru kepada semua bank gpi yang terlibat dalam rantai pembayaran gpi dan memungkinkan bank untuk menkonfirmasi penyelesaian pembayaran. Layanan ini juga meningkatkan akurasi rekonsiliasi pembayaran dan faktur, mengoptimasi likuiditas dengan perkiraan kas yang lebih baik, dan mengurangi ekspos terhadap risiko FX melalui pemrosesan dana di hari yang sama (same-day processing) pada zona waktu bank penerima. Seperti halnya layanan berbasis cloud, layanan Trackertersedia melalui API, menjadikannya kompatibel dengan sistem milik perbankan di seluruh dunia.

Baca Juga  Hafiz Quran dan Guru MI Ganti Nama WA Jadi "Calon Mayat" Sebelum Tewas Akibat  Tertabrak Truk di Magelang

“gpi SWIFT menghadirkan manfaat yang sangat besar bagi bank dan nasabah sejak peluncurannya tahun lalu, namun penerapan fasilitas tracking di semua lalu lintas pembayaran dalam jaringan menjadikannya sebagai transformasi yang begitu signifikan,” ujar Johan Sidarno Demsy, Country Manager Indonesia di SWIFT. “Perluasan kemampuan tracking ini merupakan bagian dari rangkaian layanan gpi yang akan dirilis oleh SWIFT pada tahun 2018 untuk semakin meningkatkan pengalaman pembayaran lintas negara, membantu bank memberikan layanan yang lebih unggul kepada nasabah, dan dengan cepat menarik perhatian lebih banyak bank terhadap layanan ini.”

Diluncurkan di awal tahun 2017, gpi telah meningkatkan tingkat ekspektasi layanan, dan memberikan kecepatan, transparansi, serta keandalan yang lebih baik. Mencakup 10% dari semua lalu lintas SWIFT, 50% pembayaran gpi diselesaikan dalam waktu kurang dari 30 menit, bahkan banyak yang dituntaskan dalam hitungan detik. Sejauh ini ada lebih dari 150 bank, yang mewakili lebih dari 78% lalu lintas pembayaran lintas negara SWIFT, yang sudah bergabung dengan layanan ini.

Baca Juga  Sebuah Truk Terseret Arus, Sejumlah Sungai di Banyumas Meluap

Pengenalan referensi transaksi end-to-end unik untuk semua instruksi pembayaran ini akan disampaikan melalui pengumuman informasi standar tahunan wajib pada bulan November 2018. Setelah itu, semua pelanggan SWIFT, baik yang menggunakan jasa bank gpi atau hanya melakukan pembayaran gpi, akan diminta untuk menyertakan referensi transaksi end-to-end unik dalam instruksi pembayaran. Semua institusi keuangan regulatif dapat bergabung dengan gpi.

NRP|PRN