Suasana syukuran pembangunan embung "Watu Gede"/foto : gunawan w ©batas.id

batas.id~WONOGIRI–Masyarakat Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri menggelar syukuran pembangunan embung, hari ini Rabu (12/4/2017), yang berlokasi di ‘Embung Watu Gede’ Desa Ngroto.
Pembangunan embung tersebut merupakan kerjasama antara Bank Indonesia Kantor Perwakilan Solo, Korem 074/Warastratama Surakarta, Kodim 0728 Wonogiri, Pemkab Wonogiri serta masyarakat Desa Ngroto sendiri.

Embung seluas 900 m2 tersebut dibangun diatas tanah kas Desa Ngroto, dimaksudkan untuk penyediaan air irigasi sawah-sawah disekitarnya, yang biasanya hanya panen dua kali, setelah dibangunnya embung ini, diharapkan bisa panen hingga tiga kali selama setahun.
Hal tersebut, disampaikan oleh Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Solo saat memberikan sambutannya pada acara syukuran tersebut.

Baca Juga  Di Duga Sopir Mabuk, Minibus Terguling ke Sawah

“Dengan dibangunnya embung Watu Gede ini, mudah-mudahan petani di Desa Ngroto bisa panen tidak hanya dua kali, namun bisa tiga kali,” tandas Bandoe Widiarto.

Sementara itu, Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta, Maruli Simanjuntak, menyampaikan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia adalah dengan bertani maka diperlukan tersedianya air yang cukup.

“Embung ini dibangun dengan gambar dan teknis yang bagus, sehingga saya berharap embung ini bermanfaat dan tolong untuk dirawat dan semangat terus untuk bertani,” pesan Danrem.

Syukuran pembangunan embung tersebut juga diwarnai dengan penaburan benih ikan nila oleh Danrem dan Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, S.H.