Akuntan Virtual memudahkan perusahaan rintisan membuat laporan keuangan dan pajaknya

batas.id~JAKARTA-Menjamurnya perusahaan rintisan (start-up) di Indonesia menginspirasi tim AkuntansiOnline.id untuk meluncurkan layanan Akuntan Virtual. Layanan itu bertujuan untuk membantu perusahaan-perusahaan baru dalam membuat laporan keuangan. Sebab, biasanya perusahaan rintisan masih kesulitan menyusun laporan keuangannya.

Layanan yang dikembangkan oleh AkuntansiOnline diluncurkan karena banyak perusahaan rintisan yang kesulitan membuat laporan keuangan dan pajaknya sendiri

Masalahnya, pekerjaan membuat laporan keuangan itu pada akhirnya banyak yang diserahkan kepada karyawan baru. Keputusan seperti itu justru menimbulkan polemik baru. “Mulai dari keraguan perusahaan terhadap keakuratan laporan keuangan hingga molornya waktu penyelesaian yang dihindari oleh para pemilik bisnis,” kata Chief Technology Officer AkuntansiOnline.id Eko Cahyono, Senin (20/3).

Berlatar dari fakta itu, tim AkuntansiOnline kemudian mengubahnya menjadi sebuah peluang dengan meluncurkan layanan Akuntan Virtual. Layanan tersebut menjadi yang pertama di Indonesia. Dengan begitu, kata Eko, perusahaan-perusahaan rintisan dapat membuat laporan keuangan berikut urusan pajaknya secara mudah dan tepat waktu. “Banyak pengusaha yang belum siap dalam mengelola laporan keuangan, sehingga kami siapkan Akuntan Virtual bagi mereka,” katanya.

Baca Juga  Zilingo Kolaborasi dengan The Walt Disney

Layanan tersebut menjadi yang pertama di Indonesia.
Akuntan Virtual melayani jasa akuntansi, keuangan, keuangan dan pajak dengan mengandalkan teknologi internet. Perusahaan yang menggunakan layanan tersebut tidak perlu lagi merekrut karyawan khusus dan mempelajari peranti lunak akuntansi yang akan menyita banyak waktu. Sebab, semua sudah tergantikan.

Dalam menjalankan layanan Akuntan Virtual, terutama dalam penyimpanan data secara awan (cloud computing), AkuntansiOnline bekerja sama dengan pengembang peranti lunak akuntansi ternama Zahir Accounting. AkuntansiOnline membanderol layanannya itu dengan harga mulai dari Rp. 3 juta. Dengan harga itu, pengguna bisa melalukan konsultasi secara maya melalui Skype, mendapatkan laporan keuangan, dan bebas biaya langganan Zahir Online.**

Baca Juga  BCA Kucurkan Rp200 Miliar untuk Central Capital Ventura

Anwar Ibrahim, TechnoBusiness Indonesia • Foto-Foto: AkuntansiOnline