Material longsoran menutup total badan jalan propinsi arah Wonogiri-Pacitan/foto:djoko p untuk ©batas.id

batas.id~WONOGIRI–Tanah longsor terjadi di Wonogiri, tepatnya didaerah Komando, Dusun Gandring, Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, pada siang ini Kamis (27/4/2017) sekira pukul 14.00 WIB.

Akibat hujan deras diwilayah tersebut sejak pukul 12.30 WIB, sehingga menyebabkan tanah longsor, berupa material bebatuan dan pepohonan menutup seluruh badan jalan, yakni jalan propinsi rute Kismantoro menuju Jeruk, Bandar, Pacitan.

Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., yang mendapat laporan terjadinya tanah longsor tersebut, langsung datang menyisir lokasi dan menuturkan bahwa kondisi jalan untuk sementara tidak dapat dilalui.

“Jalur Pucung ke Jeruk putus, tidak bisa dilalui kendaraan karena material longsoran menutup badan jalan,” tutur Camat Kismantoro.

Beruntung saat terjadinya longsor tidak ada pengguna jalan yang melintas. Namun akibat longsoran tanah tersebut rute dari dan menuju Kismantoro ataupun sebaliknya tidak dapat dilalui kendaraan roda empat, bahkan pengendara motor yang terlanjur sampai di lokasi harus digotong yang dibantu warga sekitar.

Sementara itu, dilaporkan dari beberapa desa juga terjadi bencana tanah longsor yang menimpa rumah warga.

Sampai berita ini diturunkan, tim redaksi masih mengumpulkan informasi terkait bencana longsor yang menimpa rumah warga dikarenakan masih terus ada laporan tentang kejadian lainnya. (gw)