Tingginya curah hujan di Indonesia pada penghujung tahun ini mengakibatkan bencana diseluruh wilayah Indonesia. Hujan lebat yang terjadi pada Jumat (25/11) kemarin menyebabkan bencana longsor di Wonogiri Jawa Tengah salah satunya.
Karena sebagian besar Wonogiri berada pada dataran tinggi, lereng dan pegunungan berbukit. Tidak jauh dari struktur tanah yang miring memang pemukiman warga berada disisi tebing sehingga potensi longsor sangat tinggi.

Hujan deras mengakibatkan tebing runtuh menimpa rumah warga Kecamatan Kismantoro Widiyanto desa Plosorejo, Kasdi dan Slamet Desa Lemahbang. Tidak dilaporkan adanya korban akibat kejadian tersebut,namun begitu kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta.
Sabtu pagi BPBD Wonogiri, Polsek, Koramil, Relawan Peduli Kismantoro bersama Camat Kismantoro dan di bantu masyarakat membantu menyisihkan material dan memberikan bantuan.

Baca Juga  Jalur Pantura Jawa Tengah macet di Pekalongan
img-20161127-wa0040
Rumah warga yang rusak/foto:Reymond-batas.id

Diduga tebing tersebut longsor karena tidak kuat menahan kuatnya arus air sehingga kemudian longsor. Material longsor berupa tanah dan mengenai dinding rumah korban yang terbuat dari kayu dan anyaman bambu, yang akhirnya membuat dinding rumah roboh.
“karena rumah roboh total maka warga terpaksa mengungsi kerumah saudara terdekat untuk sementara waktu” tutur Edi salah satu Relawan dan merupakan warga Plosorejo.(Rey-batas.id)