BATAS.ID~Solo- Kaktus, merupakan salah satu jenis tanaman yang sering kali dijadikan sebagai tanaman hias, di mana ciri utama dari kaktus adalah duri-duri yang ada pada seluruh bagiannya. Tanaman yang memang memiliki keunikan dapat tumbuh ditanah yang gersang ini sendiri ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tapi apakah kaktus bisa dimakan? Jawabannya adalah kaktus aman untuk dikonsumsi, di mana jenis yang dapat dimakan adalah jenis Kaktus Nopales atau prickly pear yang dapat ditemukan di Amerika dan Meksiko. Kaktus ini memiliki daging yang kenyal dan rasanya tawar sedikit asam yang menyegarkan, di mana tanaman ini dapat dimakan mentah ataupun dijadikan tumisan.

Manfaat Dari Kaktus Untuk Kesehatan Tubuh

Walaupun bukan bahan makanan yang populer, akan tetapi kaktus sendiri diyakini memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang ada pada kaktus dilansir dari halaman Hellosehat :

  1. Mengandung Banyak Nutrisi

Pada kenyataannya pada kaktus mentah dengan berat 128 gram, terdapat beberapa nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh yaitu 3 gram karbohidrat, 1 gram protein, 2 gram serat dan 14 kalori. Tidak hanya itu saja, kaktus juga mengandung beberapa jenis vitamin diantaranya adalah 20 mikrogram vitamin A, 8 miligram vitamin C, 4.6 mikrogram vitamin K, dan 141 miligram kalsium. Dari semua nutrisi dan vitamin yang terkandung tentu saja sudah dapat dipastikan bahwa tanaman ini sendiri sangat baik untuk menjaga fungsi tubuh.

  • Baik Untuk Pencernaan

Manfaat selanjutnya dari memakan kaktus adalah mampu memperlancar pencernaan. Kandungan serat yang ada pada tanaman ini sendiri sangat cukup untuk membantu tubuh menyerap makanan dengan baik dan memperlancar metabolisme tubuh. Serat yang ada pada kaktus dapat membuat feses keluar dengan lancar, sehingga Anda dapat terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit ataupun ambient.

Photo Frm Tribunwiki
  • Mampu Mengendalikan Gula Darah

Dalam penelitian yang pernah di muat di  ISRN Pharmacology tanaman berduri yang satu ini sendiri dapat mengendalikan gula darah dalam tubuh. Kandungan dari ekstrak biji kaktus sendiri dapat meningkatkan glikogen dalam otot dan hati, sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit diabetes.

  • Mencegah Kanker

Kaktus sendiri ternyata mengandung antioksidan yang sangat tinggi, di mana terdapat antioksidan berupa pektin, karoten, asam askorbat, betalain, polifenol, dan asam galat. Semua jenis antioksidan tersebut mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, di mana radikal bebas dipercaya sebagai penyebab kanker. Dengan mengkonsumsi kaktus maka Anda dapat menurunkan resiko terkena kanker.

  • Membantu Menjaga Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, mungkin kaktus dapat menjadi salah satu bahan makanan yang tepat. Kaktus mengandung serat tinggi sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Tidak hanya itu saja, kaktus juga mengandung kalori yang rendah sehingga dan juga adanya vitamin B komplek yang mampu memperlancar metabolisme dalam tubuh.

Itu adalah beberapa manfaat dari tanaman kaktus yang ternyata tidak hanya dapat dijadikan penghias kebun atau ruangan. Walaupun kaktus bukan jenis bahan makanan yang selalu ada dan populer, namun tidak ada salahnya mencoba agar mendapatkan sumber nutrisi yang baik dan juga sangat sehat bagi tubuh.

Sumber : Hellosehat

Dina Meidiana-BATAS.ID