©batas.id/jalan yang amblas terus bertambah dalam

Batas.id~WONOGIRI-Hampir tiap hari hujan selalu mengguyur Wonogiri dan sekitarnya, curah hujan dengan intensitas yang cukup sering dan sangat lebat mengakibatkan beberapa fasilitas umum rusak, terutama jalan raya milik propinsi Jawa Tengah. Ada beberapa titik yang amblas dan berlobang sehingga sangat membahayakan para pengguna jalan, apalagi saat hujan atau malam hari karena kubangan tidak terlihat dengan jelas. Untuk itu, para pengguna jalan harus ekstra hati-hati saat melintas di jalan propinsi arah Wonogiri-Ponorogo atau Wonogiri-Pacitan ataupun sebaliknya.

©batas.id/jalan yang amblas sering terjadi kemacetan
©batas.id/jalan yang amblas sering terjadi kemacetan

Pantauan Batas Media, jalur Wonogiri-Ponorogo sudah terdapat banyak lobang menganga, tidak hanya lobang kecil saja namun selain agak dalam juga mulai melebar. Kondisi itu tentunya sangat berbahaya bagi pengguna jalan, khusunya pengendara motor dengan lingkar ban yang kecil sejenis motor matic tentu sangat beresiko jika masuk ke lobang yang lebih lebar bisa fatal akibatnya.

Baca Juga  Lima Cara Mengirimkan E-mail ke Media Massa

Sementara itu, jalur Wonogiri-Pacitan yang melintasi Kecamatan Kismantoro, selain berlobang, terjadi amblas dibeberapa titik. Satu titik yang sudah sangat parah adalah dikilometer satu dari Kecamatan Purwantoro. Sudah lima hari ini terjadi amblas yang cukup dalam, kurang lebih sepanjang 10 meter dengan kedalaman mencapai satu meter yang semula hanya sekitar setengah meter saja. Seperti diketahui bersama bahwa jalan tersebut adalah satu-satunya yang menghubungkan Kecamatan Kismantoro dengan daerah lain, sudah tentu jalur ini sangat ramai dilalui pengguna jalan. Melihat semakin dalam amblasnya badan jalan, bisa dimungkinkan jalur ini akan terputus.

©batas.id/jalan yang amblas diselatan kecamatan kismantoro/anggota koramil kismantoro mengarahkan pengguna jalan
©batas.id/jalan yang amblas diselatan kecamatan kismantoro/anggota koramil kismantoro mengarahkan pengguna jalan

Penanganan yang sudah dilakukan oleh Dinas Bina Marga Propinsi Jawa Tengah, untuk jalur Wonogiri-Ponorogo dibeberapa titik sudah dilakukan penambalan badan jalan yang berlobang. Sedangkan untuk jalur Wonogiri-Pacitan yang amblas di Kecamatan Kismantoro sudah dilakukan pengurugan dengan tanah agar jalan tetap bisa dilewati dan digunakan sebagai jalur transportasi.

Baca Juga  ​BENCANA BANJIR DAN LONGSOR PANGANDARAN

Namun, dititik ruas jalan yang lain, masih di Kecamatan Kismantoro, tepatnya disebelah selatan Kantor Camat Kismantoro, badan jalan mulai ada retakan tanda-tanda akan amblas bahkan dengan bentangan yang lebih panjang. Disana terlihat beberapa retakan dan badan jalan mulai miring sehingga masyarakat setempat terpaksa menancapkan ranting pohon kedalam retakan guna memberi tanda kepada pengguna jalan agar berhati-hati.

Gunawan Wibisono-batas.id