BATAS.ID~Solo- Sebagai pekerja yang selalu berada di kantor, terkadang dapat duduk selama 8 hingga 12 jam dalam sehari. Padahal jika duduk terlalu lama dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti, ambient, nyeri otot leher, nyeri punggung dan pinggang bahkan dapat menyebabkan obesistas. Hal ini tentu saja akan sangat menganggu Anda untuk dapat beraktifias sehari-hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada hal-hal kecil yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari masalah kesehatan yang sudah disebutkan.

Tips Agar Selalu Sehat Walau Duduk Seharian

Aktif bergerak memang menjadi tips agar selalu sehat dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit, akan tetapi tentu saja susah sekali dilakukan bagi para pekerja kantoran yang duduk seharian. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan agar tetap sehat walaupun duduk seharian yang dilansir dari Hellosehat :

  1. Peregangan sederhana

Walaupun Anda duduk seharian, bukan berarti Anda tidak dapat melakukan peregangan. Di mana peregangan sederhana dapat membantu untuk membuat otot tidak tegang, mengurangi stress dan juga terhindar nyeri otot. Ada beberapa jenis peregangan yang dapat dilakukan ketika duduk salah satunya adalah leg extention. Gerakan ini dapat Anda lakukan sembari duduk dengan cara mengangkat satu kaki secara lurus ke depan dan tahan hingga hitungan ke 10. Anda dapat melakukannya sebanyak 3 set.

  • Jangan minum pakai botol

Kebanyakan orang memang memilih untuk menyiapkan minum dalam bentuk botol agar dapat minum lebih banyak. Namun, ternyata hal ini membuat tubuh jadi tidak banyak melakukan gerakan. Siapkan minum dalam bentuk cangkir saja, sehingga tubuh akan dapat bergerak ketika Anda ingin mengambil minum.

  • Hindari makan di depan meja kerja

Tips selanjutnya adalah ketika waktu makan siang lebih baik jangan memakan bekal di meja kerja. Anda lebih baik membawa bekal makan siang dan memakannya di luar kantor ataupun di kantin. Makan di depan meja kerja akan membuat Anda tidak fokus pada waktu istirahat dan hanya akan menyebabkan pikiran Anda teralihkan pada pekerjaan. Selain itu, makan bekal di luar kantor akan membuat tubuh bergerak dengan lebih aktif.

  • Posisi komputer dan duduk harus diatur

Ternyata posisi duduk pun mempengaruhi kesehatan Anda yang mana usahakan tubuh tetap dalam posisi tegak ketika sedang menghadap komputer. Selain itu, atur perangakat komputer seperti monitor, keyboard dan monitor dengan tepat. Untuk monitor sendiri jangan terlalu dekat ataupun jauh agar membuat mata nyaman melihat ke layar. Letakan mouse juga tidak terlalu jauh agar lebih mudah untuk dijangkau dan membuat tubuh tetap dalam posisi tegak.

Itu adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika ingin tetap sehat walaupun harus duduk seharian selama di kantor. Melakukan tips-tips tersebut tentu saja akan memberikan perubahan kecil yang sangat baik untuk tubuh. Jadi, pastikan Anda tetap menjalani hidup sehat dan selalu aktif bergerak.

Sumber : Hellosehat

Dina Meidianan-BATAS.ID