Investigasi ulang ke dalam manipulasi suara “Produce 101 Season 2” telah berakhir, dengan penuntutan sekali lagi menentukan bahwa sementara manipulasi terjadi, produser tidak dapat didakwa dengan penipuan.

Menurut sumber-sumber dari kalangan hukum, awal bulan ini Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul menggabungkan penyelidikan ulang menjadi kecurigaan penipuan yang dilakukan oleh sutradara penghasil musim kedua Ahn Joon Young dan kepala produser Kim Yong Bum, dan pengadilan membebaskan mereka dari kecurigaan tersebut.

Penuntutan menemukan bahwa di musim kedua, Kim Yong Bum memang memanipulasi suara terakhir dari pemirsa yang menentukan anggota grup proyek program, namun mereka sampai pada kesimpulan bahwa akan sulit untuk menuduhnya melakukan kecurangan.

Ditemukan bahwa Kim Yong Bum memanipulasi suara final sehingga trainee “A,” yang telah dipilih oleh pemirsa untuk masuk grup terakhir, diganti dengan trainee lainnya. Jaksa menemukan bahwa sebelum pemungutan suara terakhir, “A” memberi tahu Kim Yong Bum, “Saya tidak ingin debut.” Oleh karena itu, ketika “A” berakhir di line-up untuk debut dengan grup, Kim Yong Bum memanipulasi suara. Pengacara produser sebelumnya menyatakan ini adalah kasus selama persidangan pertama.

Ini berbeda dengan manipulasi suara di musim ketiga (“Produce 48”) dan season empat (“Produce X 101”) dari acara tersebut, di mana para anggota grup terakhir sudah diputuskan sebelum pemungutan suara dimulai dan para produser telah merencanakan untuk memanipulasi peringkat. Dalam hal manipulasi suara yang terjadi selama musim kedua, jaksa telah menemukan bahwa produser tidak masuk ke dalamnya dengan maksud untuk menipu pemirsa. Karena itu, mereka memutuskan bahwa mereka tidak dapat menuntut mereka atas penipuan.

Desember lalu, Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul mendakwa Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum atas dugaan penghalang bisnis dan penipuan. Jaksa menemukan bahwa suara telah dimanipulasi dalam keempat musim “Produce 101,” dan mereka didakwa dengan penghalang bisnis selama empat musim. Mereka dituduh melakukan penipuan hanya untuk musim ketiga dan musim keempat.

Setelah itu, beberapa penggemar “Produce 101 Season 2” mengajukan banding, menyatakan bahwa Jaksa tidak melakukan penyelidikan yang tepat ke musim kedua sehubungan dengan dugaan penipuan yang dilakukan oleh Ahn Joon Young. Kantor Kejaksaan Tinggi Seoul meninjau banding mereka dan memutuskan bahwa penyelidikan lebih lanjut diperlukan, namun Jaksa sekali lagi membebaskan mereka dari kecurigaan penipuan.

Selama persidangan pertama mereka bulan lalu, Ahn Joon Young dijatuhi hukuman dua tahun penjara dan Kim Yong Bum satu tahun delapan bulan penjara.

Soompi (koreanarea.com)

The post Tidak Ditemukan Bukti Manipulasi Vote Selama “Produce 101 Season 2” Dalam Penelusuran Ulang appeared first on Korean Area.