BATAS.ID~ Tips & Trik–Sudah menjadi tradisi Indonesia, setiap tahun pada libur lebaran masyarakat melakukan perjalan mudik dan balik.

Untuk para pemudik yang ingin kembali ke kota atau ke rumah masing-masing harap selalu berati-hati dalam berkendara, selalu patuhi rambu dan marka jalan serta ikuti arahan petugas di lapangan.

Musibah memang tidak dapat diduga, alangkah baiknya jika selalu mengantisipasi segala kejadian buruk yang mungkin akan terjadi.

Berikut tips berkendara jarak jauh dengan aman yang kami himpun dari berbagai sumber :

1. Selalu Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Bepergian

Selain telah mengecek kendaraan secara rutin, alangkah baiknya jika sebelum bepergian kembali mengecek kendaraan anda di bengkel langganan ataupun mengecek sendiri jika berpengalaman atau mengerti mesin mobil, motor maupu kendaraan lainnya. Banyak kendaraan yang awalnya baik-baik saja dan dalam keadaan normal tiba-tiba mengalami kerusakan yang tanpa kita sadari sebelumnya. Terutama di bagian rem. Seringkali kita mendengar kecelakaan yang diakibatkan oleh rem blong. Selain itu kelengkapan kendaraan lainnya juga harus diperhatikan, seperti lampu-lampu, dongkrak, ban serep, serta segitiga pengaman.

Baca Juga  4 Lapis Energies Penggerak Kerja

2. Memperkirakan dan Mempersiapkan Bahan Bakar yang Cukup

Bagi yang biasa bepergian jauh mungkin akan sangat mudah mengukur ketersediaan bahan bakar di tangki kendaraan, namun kondisi perjalanan tidak bisa kita pastikan akan mulus dan lancar saja. Misalnya kondisi macet, salah masuk tol dan hal lainnya. Selain memprediksi bahan bakar yang akan terpakai, ada baiknya kita juga mempersiapkan bahan bakar cadangan. Untuk kendaraan roda 4 tidak ada salahnya membawa bensin cadangan dalam wadah yang aman.

3. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat dan Bugar

Sedikit banyak kondisi tubuh yang sehat dan bugar akan mempengaruhi kita dalam berkendara terutama untuk bagian yang menyupir kendaraan. Untuk bepergian jarak jauh, hendaknya memperhatikan betul hal ini.

Baca Juga  Obama Mudik ke Menteng

4. Jangan Begadang Sebelum Bepergian.

Salah satu hal yang sering mengakibatkan kecelakaan adalah human eror. Yang lebih berbahaya dari berkendara dalam keadaan yang sedang tidak sehat adalah berkendara dalam keadaan mengantuk. Jadi, usahakan istirahat dan tidur yang cukup sebelum berkendara jarak jauh. Banyak sekali kasus kecelakaan yang diakibatkan karena supir yang mengantuk tapi tetap nekat membawa kendaraan. Jika sudah terlanjur begadang, dan dijalan sudah mulai mengantuk harap segera berhenti dan istirahat.

5. Jaga Jarak Aman Kendaraan

Menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan dan belakang kita adalah salah satu cara agar terhindar dari musibah tabrakan beruntun. Jiwa-jiwa pembalap boleh saja melekat, selip kanan-kiri kebut berasa di sirkuit, tapi harus punya perhitungan jarak dan peluang juga ya.

Baca Juga  Pemudik mulai kembali hingga anjuran istirahat berkendara

6. Selalu fokus dan berdo’a

Setipa tujuan perjalanan adalah pulang dan bertemu keluarga tercinta. Atau ada juga yang dikejar deadline pekerjaan demi mencari nafkah, tujuannya juga untuk keluarga. Maka sertailah perjalanan dengan do’a. Memohon agar Tuhan selalu memberi perlindungan selama diperjalanan. Jangan lupa untuk selalu fokus dalam berkendara. Hindari pikiran berat dan rumit yang dapat merusak konsentrasi.

Selamat mudik atau balik. Semoga perjalanan anda menyenangkan, selamat sampai tujuan.

SKA