BATAS.ID~Jakarta–Saat ini sosial media tidak bisa dipisahkan dari  aktifitas keseharian orang Indonesia khususnya di kota besar seperti Jakarta. Sosial media digunakan sebagai sarana berbagai informasi, hiburan, dan sarana pemasaran.

Penggunaan sosial media, khususnya dalam menanggapai berbagai informasi yang dibagikan (share), harus jeli dalam menilai dan menanggapi setiap informasi yang di terima dengan bijak.

Berikut beberapa tips untuk berkomentar dengan baik di sosial media bagi pengguna aktif  social media supaya terhindar Dari hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
1. Perhatikan berita yang disampaikan di sosial media dapat menjadi berita yang akurat atau hoax.

Perhatikan sumber beritanya, media apa yang menyampaikannya, bagaimana berita tersebut disampaikan. Apakah berdasarkan opini orang lain atau berdasarkan fakta. Biasanya berita yang akurat didasari oleh fakta dari nara sumber.

Baca Juga  Kerjasama Strategis APITU dan Gree Indonesia Ditandatangani

2. Berita – berita yang disampaikan, jika akurat maka akan dipublish juga oleh beberapa media yang akurat lainnya.

Untuk memastikan bahwa berita yang sampaikan akurat,biasanya berita teesebut dilaporkan juga  oleh beberapa media.

3. Berikan komentar, saran dan kritik yang bijaksana.

Ketika memberikan komentar, saran, kritik gunakan tata bahasa yang ber-etika baik dan sopan, tanpa ada kalimat yang mengandung SARA, ataupun menyinggung siapapun.

4. Hargai privasi orang lain

Hargai rahasia/privasi orang lain dengan tidak mengumbarnya di sosial media sekalipun hanya untuk bercanda/bergurau yang dapat menyebabkan orang lain merasa tersinggung dan terganggu privasinya.

5. Stop mengumbar kebencian dan menghasut orang lain untuk melakukannya.

Baca Juga  Pilih memilih DKI 1 seperti GADGETMU

Hindari meng-udate status atau memberi komentar yang dapat dianggap sebagai hasutan/ provokasi dan menyebarkan kebencian atau permusuhan baik kepada seseorang maupun kelompok tertentu.

6. Pergunakan sosial media  secara  bijak   beretika dan tidak melanggar norma yang berlaku.
ERLINDA LSPR