Ketupat identik dengan Lebaran, Ada lebaran ada ketupat

BATAS.ID~JAKARTA- Setiap menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri pedagang ketupat terlihat di beberapa lokasi di Jakarta, seperti yang terlihat di sekitar Pasar Impres Kelapa Gading.

Uniknya ketupat ini bukan berasal dari Jakarta, pedagang dan bahan baku ketupat berasal dari Kampung Pabuaran Kapupaten Bogor. Selain ketupat mereka menjual pepaya muda, yang menurut mereka untuk sayur pelengkap ketupat.


Biasanya mereka membawa bahan baku berupa daun kelapa yang masih muda (Janur)  dan pepaya muda dari Bogor untuk dibuat ketupat dan di jual di Jakarta.”iya ini bawa dari sana, kampung, Bogor, di jual di sini” kata Enjen (28) salah satu pedagang Ketupat asal Kampung Pabuaran Kapupaten Bogor.

Para penjual ketupat ini keseharian berprofesi sebagai petani. Mereka berjualan ketupat setahun sekali pada saat menjelang lebaran seperti sat ini.

Mereka berjualan ketupat setiap tahun di tempat ini sudah turun temurun dari jaman dulu “udah lupa dari kapan jualan ini, tapi udah lama banget, turun temurun, dari saya cuma ngikut sampai bisa jualan sendiri” tutur Enjen.

Enjen, pedagang ketupat asal Kp.Pabuaran Bigor

Tambah Enjen, sudah tradisi orang di kampungnya, setiap menjelang lebaran pasti jualan ketupat di Jakarta.” Ini sudah menjadi tradisi, setiap tahun mau lebaran jualan ketupat, semua sekampung jualan dimana -mana ada di depok dan tempat lain,saya di sini aja” .

Enjen dan kawan- kawan,sembilan orang di bagi beberapa kelompok, dan masing masing kelompok membawa sekitar 1000 ketupat dan puluhan buah pepaya muda.biasanya mereka berada di jakarta tiga hari menjelang Lebaran dan mereka kembali pada saat malam takbir.

Kelompok penjual ketupat asal kampung pabuaran ini menggunakan mobil Pickup untuk membawa bahan baku dan mereka dari Bogor.


Ketupat dijual seharga 10.000,-/10 biji dan pepaya muda  5 ribu per buah.

Mereka menjajakan ketupat sambil membuat ketupat, hingga semalaman tidak tidur untuk menyelesaikan ketupat yang akan di jual. ” biar selesai kami enggak tidur semaleman membuat kupat, jadi di sini aja semaleman sampe  besok juga” kata Enjen.

NRP|BATAS.ID