Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 16,3% Saat Pemilu

Telkomsel sudah mengantisipasi kenaikan trafik itu dengan memperkuat jaringan di 1.400 titik di seluruh Indonesia.

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Euforia masyarakat terhadap pemilihan presiden dan anggota legislatif yang digelar pada Rabu (17/4) lalu juga berdampak pada layanan telekomunikasi.

PT Telekomunikasi Selular, operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia, menyatakan trafik layanan data (pay load)-nya mencapai 18,5 petabyte, naik 16,3% dibanding hari-hari biasa.

Baca Juga: Menghitung Ekonomi Seluler Global Kini dan Nanti

Sumatera Barat dan Riau merupakan dua daerah dengan kenaikan tertinggi, yakni mencapai 28% dibanding hari waktu normal. Kemudian diikuti dengan Sulawesi (19,5%) dan Jawa Barat (18,3%).

Jika layanan datanya naik, panggilan suara dan pesan singkat (short message service/SMS) Telkomsel justru turun. Trafik panggilan suara turun 10% mnjadi 1,125 miliar menit dan SMS turun 7,8% menjadi 482 juta SMS.

Menurut General Manager External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, kenaikan layanan data dan penurunan layanan suara dan SMS itu sudah diprediksi sebelumnya.

Baca Juga: Aileen Lee, Sosok Pengenal Istilah “Unicorn” dalam “Startup”

“Hal ini seiring dengan meningkatnya masyarakat dalam memanfaatkan layanan-layanan digital,” ungkap Denny.

Oleh karena itu, Telkomsel sudah mengantisipasinya dengan mengoptimalisasi jaringan di lebih dari 1.400 titik di seluruh Indonesia, termasuk juga di sekitar KPU Pusat, KPU Daerah, tempat pemungutan suara, Badan Pengawas Pemilu, serta kantor kepolisian dan militer.●

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: Telkomsel

 

Artikel Asli

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here