Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 66% Saat Lebaran

Trafik layanan panggilan suara selama Ramadhan dan Lebaran diperkirakan turun 10% dibanding hari biasa.

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Trafik layanan data PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), operator telekomunikasi terbesar di Indonesia, selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini diperkirakan naik 66% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Hal itu disebabkan karena penggunaan layanan data oleh pengguna semakin besar dibanding panggilan suara dan pesan singkat (SMS). Pemanfaatan aplikasi pesan instan dan senangnya pengguna membagikan foto atau video ke jejaring sosial memengaruhi hal tersebut.

Baca Juga: Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 16,3% Naik Saat Pemilu

Manajemen anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (IDX: TLKM) itu menyebutkan trafik layanan suara selama Ramadhan dan Lebaran turun 10%, sedangkan layanan SMS turun 2% dibanding hari biasa.

Oleh sebab itu, Telkomsel mengantisipasi lonjakan trafik layanan data tersebut dengan membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multiband Long Term Evolution (LTE) di berbagai wilayah Tanah Air.

Baca Juga: Spire Research: LinkAja Harus Manfaatkan Ekosistem BUMN

“Umumnya penggunaan layanan komunikasi lebih tinggi dibanding hari biasa. Untuk itu, sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur, produk, maupun layanan,” ungkap Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah.

Di samping membangun BTS, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan 4G BTS-BTS tersebut. Selain itu, Telkomsel mengoperasikan 70 BTS mobile, meningkatkan kapasitas gateway internet 15% dari kapasitas yang ada menjadi 4.700 Gbps.

—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID ● Foto: Telkomsel

Artikel Asli

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here