batas.id~WONOGIRI–Sampah, satu kata yang sangat ringan dan hanya hal sepele sj, namun ketika kita mendengar kata sampah, pasti yang terbayang sesuatu yang jorok.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sampah artinya adalah barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi dan sebagainya, yaitu kotoran seperti daun, kertas dan sebagainya.

Seperti yang saya alami siang siang tadi, sekitar jam 13.15 WIB., saya duduk ditrotoar depan Toko Erla****, tepat diseberang toko swalayan ternama di Kota Gaplek Wonogiri, tiba-tiba dari dalam toko “plok”….daun pisang bekas bungkus makanan dibuang begitu saja diteras atau trotoar (yang dikasih atap).

Padahal kalau dilihat dan diperhatikan dengan cermat, sepanjang trotoar tersebut bersih, tak nampak satu pun sampah disana.

Beberapa menit kemudian, karena merasa ada yang memperhatikan atau tahu kalau saya foto, seorang lelaki keluar dari dalam toko, dari penampilannya nampak rapi, mengenakan baju batik lengan pendek dan bercalana panjang gelap. Tidak diketahui, dia pemilik toko atau hanya pelayan toko.

Fikir saya, lelaki itu mau memungut daun pisang tadi, namun ternyata malah menendang daun pisang ketepi jalan, tepat digaris tepi marka jalan, padahal ada karet tempat sampah yang hanya berjarak dua langkah darinya.
Itulah sebagian kecil masyarakat kita yang belum menyadari pentingnya kebersihan.

Trotoar sudah bersih, sudah enak dilihat dan nyaman dilalui, janganlah dikotori, mari kita jaga dan kita pelihara kebersihan lingkungan kita, kalau tidak kita siapa lagi??