BATAS.ID~Banyumas-Warga berramai-ramai berburu emas di Desa Pancurendang, Ajibarang, Banyumas Jawa Tengah, Kamis pagi 28/09/2017.

Warga berburu emas lantaran di wilayah mereka di angap memiliki kandungan emas yang baik,untuk mendapatkan emas  warga menggali tanah pekarangan, kebon dan sawah mereka.

Berbekal alat seadanya seperti cangkul untuk menggali tanah dan menggunakan mesin pompa air untuk menyaring tanah untuk mendapatkan emas.

Samapai saat ini belum ada warga yang menunjukan perolehan emas atas perburuan mereka. Arif, warga mengaku hanya penasaran dengan aktifitas warga, ia melihat aktifiats penggalian warga namun tidak ikut mencari emas. ” saya penasaran saja, dengar dari media jadi saya melihat” kata Arif.

Baca Juga  Beyonce bantu UNICEF kampanye air untuk anak Burundi

Desa Pancurendeng adalah sebuah desa yang terletak di sebelah selatan (barat daya) Gunung Slamet, yang saat inj sedang berlangsung pengerjaan mega proyek Geothermal, banyak beredar di masyarakat bahwa Gunung Slamet memiliki kandungan emas yang kualitasnya hampir sama dengan di Papua yang di kelola PT. Preeport. Entah ini ada hubungannya dengan proyek tersebut atau tidak?.

Kondisi Air di sungai Pengaji

Konunitas Save Slamet menganggap kegiatan Mega Proyek Geothermal di Gunung Slamet merusak ekosiatim dan sumber air bersih untuk warga di lereng Gunung Slamet. Bahkan warga sekitar diresahkan oleh kehadiran bintang buas ke pemukiman dan  keruhnya aliran sungai seperti suangai Pengaji dan sungai Plukut di lereng Slamet.
DENIS PRIWANDA