BATAS.ID~Banyumas-Cilongok Bersatu (CIBER) bersama aliansi Selamatkan Slamet (Save Slamet)menyerukan penolakan pembangunan PLTP Baturaden yang berlokasi di hutan lindung gunung Slamet.

Seruan tersebut di warnai dengan aksi memasang Baner,spanduk dan foto di  tepi-tepi jalan di Purwokerto pada hari Minggu 03/09/17 secara serentak.


Bersama warga Cilongok dan sejumlah simpatisan yang melakukan aksi demonstrasi di waktu sebelumnya, PT.Sejahtera Alam Energi (SAE) dinilai kurang transparan dalam mensosialisasikan kepada warga Cilongok dan sekitarnya.


Seruan Save Slamet tidak hanya di serukan melalui spanduk ataupun baner saja tapi, melalui media sosial seperti Facebook,Twitter,whats’up dan Instalgram.

Berbagai kalangan merespon seperti anak pecinta alam Carbela Camp Club dan beberapa sukarelawan dari luar kota Banyumas,dan dari komunitas Pasermas ikut menyuarakan Save Slamet.

Baca Juga  Pria Ditemukan Tergantung di Pohon Gegerkan Warga


Warga khawatir proyek tersebut memberikan dampak yang buruk untuk warga dan hutan di lereng Slamet, seperti satwa liar yang sering turun ke pemukiman warga karena habitatnya tergangu dengan adanya proyek PLTP Baturaden.
Sekarang ini warga sedang merasakan krisis air bersih  terlihat beberapa aliran curug dan sungai mulai menyusut serta keruh.


Gunung Slamet terutama lereng selatan terkenal dengan keberadaan air terjun atau Curug yang menjadi pensuplai air ke sungai sungai hingga menuju jantung kota.
Berikut ini nama- nama Curug di lereng Selatan Gunung Slamet yang  berpotensi terancam kering akibat Proyek PLTPB dan Pembabatan Hutan Lindung di Gunung Slamet. 

1. Curug Cipendok

Baca Juga  Melukai Warga, Pria Mengamuk Karena Depresi di Cerai Istri

2. Curug Dadap

3. Curug Gomblang

4. Curug 5

5. Curug pandawa

6. Curug Jenggala

7. Curug 3

8. Curug Gede

9. Curug Bayan

10.curug ceheng

11.curug lawa

12.curug pawon

13.curug carang

14.curug urang

15. Damar payung

16. Curug moprok

17. Curug telaga sunyi

18. Curug bolot

19. Curug Munthu

20. Curug penganten

21. Kedung nila

22. Curug aul

23. Curug gumiwang

24. Curug nangga

25. Curug orak arik

26. Curug grojogan sewu

27. Curug belot

28. Curug semaya

29. Curug batulaya

30. Curug arus

31.curug kali penjalin

32.curug tebela

33.curug brenjang

34. Curug kedung sapi

35. Curug gede kali pelus

36.curug nila kalo Pangkon

Baca Juga  Rumah Warga Rusak Tertimpa Longsor

37.Curug Mini

Masyarakat dan aliansi Save Slamet berharap dihentikanya proyek PLTP Baturaden mengingat musim penghujan 3 atau 4 bulan lagi tiba.

DENIS|Foto-Foto: Save Slamet