BATAS.ID~Jakarta-Bagi pengguna gadget, siapa yang tak kenal dengan aplikasi Black Berry Messenger atau yang lebih dikenal dengan sebutan BBM? Beberapa tahun yang lalu smartphone jenis Black Berry sempat menjadi primadona bagi kalangan pecinta gadget yang tidak mau ketinggalan jaman. 

Semua orang berloma-lomba untuk bisa memiliki smartphone tersebut hingga akhirnya ketenarannya memudar karena tergerus jaman oleh smartphone android yang bisa menyajikan fitur BBM di dalamnya. Tidak hanya BBM tentunya tapi banyak sekali aplikasi chatting dan social media di smartphone yang menyajikan fitur chat/direct message. Namun hal itu juga tidak menjadikan orang-orang meninggalkan fitur BBM karena fitur ini salah satu fitur yang bisa mengatur dengan siapa saja kita berteman. Hanya orang-orang yang terdekat yang kita add atau kita accept saja yang dapat berkomunikasi dengan kita via BBM.

Baca Juga  Suka Pakai Atributnya Tapi Tidak Tahu Artinya

Namun belakangan banyak kasus terambil alihnya akun BBM seseorang dan kemudian dijadikan bahan untuk melakukan kejahatan berupa penipuan. Tidak tanggung-tanggung bukan hanya satu dua orang tapi banyak bahkan semua orang yang ada di kontak BBM tersebut menjadi sasaran kejahatan orang yang tidak bertanggung jawab tersebut. 

Mengapa akun kita bisa terambil alih (atau yang lebih terkenal dengan kata “hack”) ?

Salah satu hal kecil yang tidak kita sadari adalah sikap “kepo” kita. Ketika ada seseorang atau sebuah akun membagikan konten yang membuat kita penasaran, dengan sigap kita membuka link nya. Kebanyakan dari link-link itu memuat konten yang mengharuskan kita memberikan ID email dan pasword. Dengan rasa penasaran yang tinggi akhirnya kita memasukan ID atau password akun kita sehingga kita bisa membuka link tersebut. Namun tanpa kita sadari dengan hal itu sama saja kita memberikan data privasi akun kita, sehingga pihak yang mempunyai link tersebut dapat dengan mudah meng-hack akun kita dan menyalah gunakannya untuk kepentingan mereka. 

Baca Juga  Halodoc Cek Kesehatan 1.000 Pengemudi Go-Jek secara Gratis

Hacker usil biasanya hanya akan menggunakan ID dan password kita yang mereka tau untuk menyebarkan konten, dagangan, atau objek jualan mereka di internet. Namun ada juga hacker yang dengan sengaja mengambil akun kita untuk meraup keuntungan dengan melakukan penipuan terhadap orang-orang terdekat kita.

Baru-baru ini yang menjadi sasaran kejahatan mereka adalah akun BBM. Dengan modus yang sama, menebar link ke setiap kontak BBM. Cukup dengan membuka link tanpa memasukkan id dan pasword kita hacker dapat dengan mudah mengambil alih/mengcopy data akun kita. Setelah akun BBM kita terambil mereka berpura-pura menjadi kita dan meminta sejumlah uang dalam bentuk pulsa, uang, berpura-pura jualan dan lain sebagainya. Yang menjadi sasaran adalah orang-orang terdekat kita yang berteman di kontak BBM. Mereka mengaktifkan akun BBM kita di smartphone mereka dan berpura-pura menjadi kita tanpa kita sadari dan ketahui. 

Baca Juga  Siapa yang Mengatur Rezeki?

Salah satu netizen yang mengalami hal inipun membagikan kisahnya di instagram agar kejadian ini tidak menimpa pada orang lain dan teman-temannya, berikut cerita, info, dan kronologinya :


SKA