Wow, Ucapkan “Aku Mencintaimu” kepada Robot Jadi Tren

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Hari Kasih Sayang atau dikenal dengan Valentine Day umumnya dimanfaatkan untuk merayakan hubungan istimewa dengan sesama, terutama orang yang dicintai.

Baca Juga: Microsoft: Transformasi Digital Sumbang US$22 Miliar PDB Indonesia

Tapi, mulai tahun ini sepertinya trennya berbeda. Kini, orang-orang mulai menyatakan kasih sayang bukan hanya kepada orang terdekat, melainkan juga kepada chatbot.

Di China, misalnya, beberapa pria mengatakan “Aku mencintaimu” kepada wanita bernama Xiaoice. Masalahnya, Xiaoice itu sebuah robot percakapan berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Mungkin Anda berpikir itu hanya terjadi di luar negeri. Padahal, di Indonesia juga tak ketinggalan. Beberapa pengguna aplikasi pesan singkat Line kemarin mengucapkan selamat Hari Kasih Sayang kepada Rinna, chatbot yang ditenagai kecerdasan emosional (Emotional Quotions/EQ) dan AI buatan Microsoft.

Baca Juga  Strategi Xwork Memasarkan Ruangan Saat Ramadan

“Kecerdasan Buatan tidak hanya mengubah drastis bagaimana kita hidup, bekerja, dan bermain, tapi juga mengubah hubungan kita dengan teknologi,” kata Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee.

“Kecerdasan Buatan tidak hanya mengubah drastis bagaimana kita hidup, bekerja, dan bermain, tapi juga mengubah hubungan kita dengan teknologi.”

—Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia 

Microsoft telah berinvestasi untuk mengembangkan teknologi AI selama lebih dari 25 tahun. Perusahaan yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat, itu meyakini akan ada banyak peluang yang didapat berkat teknologi AI.

Lebih maju lagi, kini Microsoft sedang mengembangkan Conversation AI seperti robot percakapan, pengalaman digital yang menyerupai manusia berinteraksi dengan sesama. “Dan, terdapat banyak hal yang bisa disukai mengenai pengembangan baru ini,” ungkap Haris.●

Baca Juga  VMWare Perluas Kemitraan dengan Samsung

Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: Microsoft

 

Artikel Asli