Yangtze Optics Bangun Pabrik Kabel Serat Optik Baru di Karawang

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Seiring bertumbuhnya industri telekomunikasi di Tanah Air, kebutuhan kabel serat optik pun terus meningkat. Menurut data dari Kementerian Perindustrian, operator-operator telekomunikasi memerlukan kabel serat optik sepanjang 9 juta kilometer (km) per tahun.

 

Baca Juga: United Tractors Fokus ke Pasar Kendaraan Komersial 

 

Oleh karena itu, PT Yangtze Optics Indonesia, perusahaan patungan antara Yangtze Optical Fibre and Cable asal China dengan PT Fiber Teknologi Indonesia, berupaya menangkap peluang dengan membangun pabrik baru di kawasan industri Suryacipta Industrial Karawang.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meninjau oabrik baru Yangtze Optics Indonesia di Suryacipta Industrial Karawang, Rabu (28/2).

“Dengan dibangunnya pabrik baru PT Yangtze Optics Indonesia ini dapat mengurangi impor sebesar 8-10% dari kebutuhan per tahun sehingga kita bisa menghemat devisa sebesar US$500 juta,” ungkap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat peresmian pabrik baru tersebut, di Karawang, Rabu (28/2).

Baca Juga  Dirgahayu RI, Madame Tussauds Singapore Hadirkan Patung Jokowi

Pada 2016, Yangtze membangun pabrik fiber optik core, pertama di Asia Tenggara, dengan kapasitas 3 juta km per tahun. Dengan begitu, total kapasitas produksi pabrik milik Yangtze menjadi 5 juta km per tahun karena pabrik yang baru diresmikan memiliki kapasitas produksi serat optik 2 juta km per tahun.

Yangtze menginvestasikan US$22 juta untuk membangun pabrik kabel serat optik yang baru tersebut. “Dengan beroperasinya pabrik baru ini, fasilitas produksi fiber optik dan kabel serat optik kami telah terintegrasi. Total investasi kami mencapai US$50 juta,” kata CEO Yangtze Optics Indonesia Chen Hui.

—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: Kementerian Perindustrian

 

Artikel Asli