BATAS.ID~Solo – Pernahkan Anda melihat tomat yang berukuran sangat mungil? Ya, tomat berukuran lebih kecil dari pada ukuran tomat lainnya ini biasa disebut dengan tomat cherry. Walaupun jenis tomat yang satu ini tidak begitu populer, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika mengkonsumsi tomat ini secara rutin. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari tomat cherry dilansir dari laman hellosehat.

Manfaat Tomat Cherry Bagi Tubuh

  1. Menurunkan Resiko Kanker Dan Penyakit Jantung

Dalam tomat cherry sendiri terdapat beberapa kandungan yang sangat baik untuk dapat menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung. Dalam tomat cherry ini terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, likopen, dan senyawa antioksidan fenolik. Di mana anti oksidan ini sendiri telah terbukti dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab utama munculnya sel kanker. Kandungan likopen sendiri mampu menjaga kada kolesterol dalam darah dan dapat membantu menjaga pembuluh darah dari peradangan, sehingga dapat menjaga tubuh dari penyakit jantung.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Dalam tomat cherry terdapat kandungan kalium, di mana kandungan ini sendiri dipercaya mampu untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Cara kerja sendiri adalah dengan merangsang pengeluaran natrium dalam tubuh, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengurangi tekanan darah dalam pembuluh. Walaupun kalium sendiri identik dengan pisang, namun dengan mengkonsumsi 10 buah tomat cherry akan sama mengkonsumsi kalium pada pisang berukuran sedang.  

  • Bagus untuk menurunkan berat badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mengkonsumsi tomat cherry sangatlah baik. Hal ini sendiri dikarenakan dalam tomat cherry mengandung sedikit kalori dan serat yang tinggi. Dengan mengkonsumsi buah ini sendiri, maka Anda akan merasakan kenyang lebih lama serta dapat memiliki pencernaan yang sehat. Menjadikan tomat cherry sebagai cemilan sendiri sangatlah baik untuk dapat menjaga berat tubuh ideal.

  • Sehat untuk kulit

Dalam tomat cherry terdapat kandungan vitamin C dan juga beta karoten yang sangat banyak, di mana kedua kandungan ini sendiri sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan beta karoten yang ada di tomat cherry sendiri ternyata lebih banyak dari tomat biasa. Vitamin C yang ada di dalam buah ini juga mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga membuat kulit menjadi kenyal dan tetap dalam kondisi yang lembab. Selain itu, beta karoten akan menjaga kulit rusak akibat radikal bebas.

Itu adalah beberapa manfaat dari tomat cherry yang ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh serta kulit. Akan tetapi Anda tetap harus menghindari mengkonsumsi secara berlebihan untk menghindari sakit perut maupun alergi.

Sumber : Hellosehat

Dina Meidiana – BATAS.ID